Ribuan Calon Jamaah Haji Asal Sulsel Batal Naik Haji
Ilustrasi Jemaah Haji (Dok. Kemenag)

Berita Kita, Makassar – Kurang lebih Sebanyak 7.272 jumlah calon jemaah haji (calhaj) Sulawesi Selatan dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji 2021, meski para Calon haji sudah divaksin COVID-19.

Pembatalan pemberangkatan calhaj Indonesia, khususnya di Sulsel sesuai dengan keputusan Kemenag RI Nomor 660 tahun 2021 yang menyebutkan bahwa pelaksanaan ibadah haji dibatalkan tahun ini.

“Kondisi Calhaj itu sudah divaksin semua, termasuk bagi calhaj lanjut usia (lansia) sebagai antisipasi instruksi pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Kami sudah persiapkan semua,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Khaeroni  di Makassar, dilansir oleh Antara, Jumat, 4 Juni.

Dikabarkan keputusan ini diambil karena hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian terkait kuota haji Indonesia, termasuk calon haji dari negara lainnya.

Apalagi, dalam UU Nomor 8 tahun 2019 juga memberikan amanah kepada pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada jamaah haji terkait faktor kesehatan, keamanan dan keselamatan. Namun pihak Kementerian Agama akan terus berupaya agar tahun ini pelaksanaan haji dan kuota yang diberikan kepada Indonesia untuk pemberangkatan Haji dapat dipertimbangkan.